Berapa Tekanan Udara Ban Mobil yang Aman?

Nitro Pratama Nitrogen service Indonesia

Permasalahan tekanan udara pada ban mobil seringkali dianggap masalah sepele. Jika tekanan mobil tidak pas, kurang atau kelebihan, dampaknya begitu terasa pada performa mobil dan akselerasinya di lintasan. Sudah pasti ini semua akan berpengaruh pada kenyamanan dalam berkendara begitupun safety-nya. Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan tersebut caranya terbilang mudah dan simple yaitu menjaga kestabilan tekanan udara ban mobil.

Kalau kamu tak mau repot-repot mengurusnya, serahkan urusan ini pada tukang tambal yang banyak mangkal di pinggir jalan. Selain harganya murah meriah, kamu akan mengetahui berapa tekanan udara ban mobil kamu dengan bantuan alat yang tersedia.

Mengecek ban mobil itu memang gampang, tetapi berapa sih tekanan udara yang aman untuk mobil? Kalau ini yang kamu bingungkan, gampanya tekanan ban yang baik itu sesuai dengan tekanan standar pabrikan. Biasanya standar semacam ini telah terpampang di dashboard mobil. Kalau tidak ada, biasanya informasi tersebut tertera di pintu dalam sebuah mobil, buku panduan bawaan sejak beli baru, atau pada ban mobil itu sendiri. Dengan demikian, antara mobil satu dan mobil lainnya memiliki memiliki tekanan ban ideal yang belum tentu sama.

Tekanan Udara Ban Mobil Standar Pabrik

Image result for Ban standar mobil

Satuan yang digunakan dalam mengukur tekanan ban mobil ialah Psi. Di Indonesia, tekanan idealnya berkisar antara 28 sampai 33 Psi. Melihat rentang nilai Psi yang tak terlalu jauh itu, pada dasarnya tiap mobil memiliki tekanan udara yang hampir sama, dimana paling tinggi yaitu 33 Psi dan yang paling rendah adalah 28 Psi. Ini semua tergantung tipe mobil apa dan tibe ban apa yang menyangga laju berkendara mobil tersebut. Untuk mobil kelas MPV seperti Avanza/ Kijang/ Ertiga/ Mobilio dan lain sebagainya, tekanan standarnya berkisar antara 30-32 Psi sedangkan untuk mobil sejenis sedan biasanya berkisar antara 28-30 Psi.

Selain tekanan ban standar yang harus jadi acuan, ada juga batas maksimum yang ditetapkan untuk pengisiannya. Biasanya keterangan batas maksimum ini tertera pada diding ban agar kamu tidak memompa melebihi tekanan maksimum ban tersebut.

Tekanan Udara berdasarkan Kebutuhan

Variasi tekanan ban mobil juga disesuaikan dengan factor medan yang akan dilalui dan berapa berat muatan yang akan diangkut. Dalam suatu kasus, Toyota Avanza sudah cukup dengan tekanan standar 30 Psi jika di gunakan untuk mengangkut muatan sedang dan perginya tak terlalu jauh. Lain cerita jika mobil Avanza tersebut akan digunakan untuk bepergian jauh sementara beban yang harus dimuat sangat banyak (penumpang penuh dan barang banyak). Pada kasus ini tekanan 30 Psi dirasa masih kurang sehingga daapt ditingkatkan lagi tekanannya menjadi 31 atau bahkan 32 Psi.

Pentingya Pengecekan Tekanan Udara Ban Mobil secara Berkala

Image result for alat tekanan ban

Apakah tekanan ban mobilmu sudah sesuai standar pabrik atau kebutuhan berkendaramu? Jika belum, lakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan bahwa mobilmu tidak bermasalah dengan tekanan udara pada bannya. Lakukan pengecekan semacam ini setidaknya sebualn sekali karena tiap satu bulan normalnya tekanan udara pada ban mobil anda akan berkurang sampai 1 Psi. Lihatlah apakah angka Psi yang tertera sudah sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan oleh pabrikan. Adapun untuk ban yang high performance atau beraspek rasio 40-an (45, 40, 35), ada baiknya jika tekanan udara dinaikkan mulai dari 10 sampai 15 persen atas tekanan udara yang disyaratkan pabrik.

Cek dan isi tekanan angin di nitrogen biru

Memiliki mobil sama halnya dengan memiliki benda lainnya. Perawatan dan cara pemakaian yang benar memang diperlukan untuk memperpanjang usia mobil. Seperti pengetahuan akan tekanan udara ban mobil yang aman yang harus diketahui owner. Bagaimana apakah tekanan udara ban mobil Anda sudah aman?

 

artikel drari MOBILKAMU.COM

Nitro Pratama Nitrogen service Indonesia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*