7 Manfaat Isi Angin Nitrogen Pada Ban Kendaraan Anda

Nitro Pratama Nitrogen service Indonesia

Dalam melakukan perjalanan, terutama perjalanan panjang baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan bersama memang yang sangat perlu diperhitungkan di jalan adalah ban kendaraan. Baik mobil maupun motor akan sama- sama mempunyai resiko terkena ban kempes atau kurang angin. Meskipun kelihatannya hanya gangguan sepele namun nyatanya ban yang kurang terisi angin ini akan dapat menimbulkan efek yang serius, bahkan beresiko menimbulkan dampak yang dapat membahayakan pengguna kendaraan tersebut.

Ada berbagai macam dampak yang dapat ditimbulkan dari adanya ban yang kurang terisi angin. Beberapa dampak yang akan terjadi dari ban yang kurang terisi angin akan dijelaskan di bawah ini:

  • Sebagai dalang atau penyebab dari terjadinya kecelakaan

Tidak sedikit kasus kecelakaan kendaraan baik kendaraan bermotor maupun mobil yang diawali dari peristiwa kempesnya ban. Ban yang kempes akibat kurang angin ini akan menyebabkan ketidakseimbangan yang menyerang kendaraan tersebut pada saat melaju di jalan raya. Terlebih lagi jika pengendara sedang memposisikan kendaraannya melaju dengan sangat kencang. Ketidakseimbangan dalam melajunya kendaaran ini akan menjadikan pengendara sulit mengontrol lajunya kendaraan sehingga akan lebih beresiko menimbulkan kecelakaan di jalan raya. Kecelakaan yang berpotensi terjadi bisa jadi kecelakaan tunggal, maupun kecelakaan massal, dan bahkan tidak heran jika kecelakaan tersebut sampai merenggut nyawa para pengguna jalan atau orang- orang yang ada di sekitarnya.

 

  • Menyebabkan kerusakan pada bagian- bagian tubuh kendaraan

Selain menyebabkan kecelakaan, salah satu dampak negatif adanya ban kendaraan yang kempes adalah dapat menyebabkan kerusakan pada bagian- bagian tubuh kendaraan tersebut. Hal ini disebabkan karena pada saat kendaraan melaju dengan kecepatan sedang hingga tinggi dan ban kandaraan sedang kempes atau kurang angin, maka otomatis akan menimbulkan dampak yang tidak nyaman pada kendaraan kita. Badan kendaraan yang kita tumpangi akan terasa bergetar lebih hebat dari biasanya, bahkan ketika kita melaju di jalanan yang mulus akan tetap terasa terguncang. Guncangan yang keras ini terjadi karena angin yang terdapat pada ban akan berfungsi sebagai landansan agar kendaraan bisa meluncur dengan  mulus.

Kemudian, jika guncangan yang dialami oleh kendaraan kita ini terlalu keras maka akan menyebabkan ke rusakan yang ada di bagian- bagian kendaraan baik motor maupun mobil.

 

  • Menimbulkan rasa yang tidak nyaman pada saat berkendara.

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwasannya ban kendaraan yang kekurangan angin atau kempes maka akan menimbulkan getaran yang luar biasa hebatnya jika dibandingkan dengan kendaraan yang bannya tidak kekurangan angin. Nah, adanya getaran- geta ran yang besar ini otomatis akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang yang melakukan perjalanan, terlebih perjalanan jarak jauh. Maka dari itu salah satu dampak yang dapat dirasakan secara langsung oleh pengendara itu sendiri.

 

  • Kendaraan sulit dikendalikan

Selain ketiga kerugia yang sudah dituliskan di atas, masih kerugian dari kondisi ban kekurangan angin ini, yakni menjadikan kendaraan menjadi sulit untuk dikendarai. Sulitnya dikendarai ini maksudnya adalah kendaraan menjadi kurang responsif dan sulit untuk dikendalikan. Hal ini terjadi karena ban menjadi kurang responsif terhadap gaya yang dihasilkan dari roda kemudi.

 

  • Membuat mesin kendaraan menjdai bekerja lebih berat

Ban yang kempes dan tetap dipergunakan untuk berkendara akan membuat tapak ban mengalami defleksi atau akan terjadi perubahan pada dinding ban dan juga membuat ban akan lebih banyak menjejak pada permukaan jalan. Dan hal seperti ini akan menyebabkan rolling resistance (hambatan yang dierima ban) pada saat bergulir akan semakin tinggi sehingga banyak energi yang akan terbuang. Otomatis hal ini akan membuat mesin kendaraan kita bekerja lebih keras daripada biasanya.

 

  • Boros BBM

Ketika mesin kita bekerja lebih keras, maka otomatis kendaraan kita akan memerlukan bahan bakar yang lebih banyak daripada biasanya untuk menjalankan kendaraan kita. Sehingga hal ini akan membuat kendaraan kita menjadi boros BBM.

 

  • Membuat ban kendaraan menjadi cepat rusak

Hal ini akan otomatis terjadi, karena ban kendaraan kita yang kurang angin atau kempes apabila dipaksakan untuk terus bekerja pastinya akan mudah mengalami kerusakan. Sehingga hal ini akan emmbuat ban kita menjadi tidak awet.

 

Itulah beberapa kerugian yang akan ditimbulkan apabila kita memaksakan kendaraan kita untuk tetap beroperasi ketika ban kendaraan kita sedang kempes karena kekurangan angin. Maka dari itu pengisian angin merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan untuk menjaga keamanan dan juga kenyamanan dalam berkendara.

Untuk dapat mengisis angin ban dimana saja dan kapan saja, seringkali kita menemukan mesin pengisian angin Nitrogen di area SPBU di manapun berada. Nah, sebenarnya mengenai ban yang diisi Nitrogen apakah ada manfaatny secara khusus?

Manfaat Isi Angin Nitrogen

Banyak bengkel yang ada di pinggir jalan mungkin akan menyediakan jasa pengisisan angin pada ban kendaraan kita melalui kompressor yang dimilikinya. Namun, ada pilihan lain bagi kita untuk mengisi angin sendiri dengan menggunakan Nitrogen yag dapat kita temukan di SPBU tempat penjualan BBM. Lalu, sebenarnya apa saja manfaat atau keunggulan yang dipunyai isi angin nitrogen ini?

  1. Menjadi irit bahan bakar

Sebenarnya apa hubungan antara pengisian nitrogen pada ban dengan bahan bakar? Nitrogen merupakan bahan pengisi angin yang mempunyai partikel gas lebih besar daripada oksigen. Nitrogen akan membuat peertambahan daya cengkeram ban lebih strabil dan tapak ban menjadi menempel lebih sempurna pada permukaan jalan. Hal ini akan membuat kedaraan kita akan menjadi irit bahan bakar hingga mencapai 3,3 persen.

 

  1. Tidak mudah kempes atau mengalami kebocoran

Nitrogen ini mempunyai partikel yang lebih besar dari oksigen untuk dapat memenuhi ban. Dengan partikel yang lebih besar tersebut akan menjadikan tekanan pada ban menjadi tidak mudah kempes. Sehingga hal ini akan membuat nitrogen akan lebih sulit keluar dari pori- pori ban.

  1. Nitrogen lebih ekonomis daripada oksigen atau angin biasa

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwasannya nitrogen ini akan lebih awet berada di dalam ban kita, sehingga hal ini akan membuat kita menjadi tidak sering- sering mengisi angin karena ban yang sering kempes.

 

  1. Menjadikan komponen ban kita lebih awet dan terlindungi

Nitrogen ini merupakan suatu gas kering yang mempunyai sifat mencegah karat atau korosi yang dapat terjadi pada pelk kita. Selain pelk, komponen karen yang menyusun ban kita akan akan lebih awet apabila kita mengisinya dengan menggunakan nitrogen. Hal ini terjadi karena nihilnya unsur air yang dapat memicu terbentuknya kelembaban pada ban.

 

  1. Mampu mengurangi resiko terbentuknya karat

Nitrogen mempunyai sifat non korosif sehingga akan dapat mengurangi oksidasi (pembekaran) dan pembentukan karat. Selain itu, dengan mengisi menggunakan nitrogen, suhu yang berada di dalam ban akan lebih stabil sehingga terhindar dari resiko terjadinya peledakan pada ban akibat kepanasan.

 

  1. Membuat ban terasa lebih empuk ketika dikendarai

Nitrogen ini mempunyai sifat dapat menjaga elastisitas ban, sehingga hal ini akan membuat ban menjadi lebih empuk ketika dikendarai.

 

  1. Membuat kendaraan lebih nyaman saat dikendarai

Karena efek nitrogen yang dapat menjaga elastisitas pada ban ini, dan nitrogen akan membantu membuat ban terasa lebih empuk, hal ini otomatis akan membuat kendaraan kita menjadi aman untuk dikendarai.

 

Itulah beberapa macam kelebihan yang akan kita dapatkan ketika kita mengisi angin m=dengan emnggunakan nitrogen. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Cobalah mengaplikasikan nitrogen pada kendaraan Anda. Isi angin ban kendaraan dengan Nitrogen Biru dari Nitropratama

artikel diambil dari (manfaat.co.id )
Nitro Pratama Nitrogen service Indonesia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*