Mobil Penggerak Roda Belakang – Kelebihan dan Kelemahan

Nitro Pratama Nitrogen service Indonesia

Sistem penggerak roda mobil ada 3 jenis yaitu, mobil penggerak roda belakang (RWD), mobil berpenggerak roda depan (FWD) dan mobil penggerak semua roda atau lebih dikenal dengan nama 4WD. Salah satu mobil dengan sistem penggerak roda belakang terlaris di Indonesia adalah Grand New Avanza.

Di akhir tahun 2013, Honda Indonesia meluncurkan mobil Honda Mobilio dengan sistem penggerak roda depan. Honda Mobilio mendapat reaksi positif dari pasar dengan tingginya permintaan pembelian mobil Honda Mobilio di Indonesia. Mobil Honda Mobilio menjadi pesaing utama Toyota Avanza.

Mobil Honda Mobilio berbeda dengan Toyota Avanza dalam hal sistem penggerak roda mobil. Mobil Toyota Avanza menggunakan sistem penggerak roda belakang. Oleh karena itu, sebaiknya anda tahu terlebih dahulu, akan kelebihan dan kelemahan mobil penggerak roda belakang, apabila anda tertarik untuk membeli mobil Toyota Avanza, Avanza Veloz atau jenis mobil lain yang menggunakan sistem penggerak roda belakang.

Pemilihan mobil dengan sistem penggerak roda belakang atau depan ditentukan oleh banyak faktor seperti:

  • Cara anda mengemudi.
  • Kualitas jalan yang sering dilalui.
  • Jumlah penumpang yang sering ada dalam mobil.
  • Serta harapan terbesar anda dari sebuah mobil.

Mobil Penggerak Roda Belakang

Kelebihan Mobil Penggerak Roda Belakang

Mari kita simak, kelebihan dan kelemahan mobil penggerak roda belakang. Terdapat 2 kelebihan utama dari mobil penggerak roda belakang yaitu:

1. Desain penggerak mobil dengan penggerak roda belakang sangat sederhana. Terutama desain pada as roda, sangat kokoh dan kuat. Walaupun sering digunakan di jalanan yang rusak, biaya perbaikan tidak akan sebesar dari mobil penggerak roda depan.

Sebagai contoh, jika anda tanpa sengaja melewati jalanan berlubang atau polisi tidur dengan kecepatan tinggi, pada mobil penggerak roda belakang lebih sering tidak akan terjadi kerusakan. Andai kata terjadi kerusakan pada as roda, biaya perbaikan jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil penggerak roda depan.

Mobil penggerak roda depan, sangat rawan akan kerusakan as roda jika anda melewati jalanan rusak tanpa sengaja dengan kecepatan lumayan tinggi. Selain itu, ongkos perbaikan as roda juga lebih mahal di mobil penggerak roda depan.

2. Keunggulan mobil penggerak roda belakang juga terdapat pada kesimbangan mobil yang lebih bagus. Terutama keseimbangan mobil saat anda berakselerasi dan pada saat mobil di kemudikan di kecepatan tinggi. Penyebabnya adalah berat kendaraan yang seimbang dari depan sampai ke belakang, karena terdapat as panjang ke roda belakang.

Oleh karena itu, sebagian besar mobil balap memakai sistem penggerak roda belakang. Selain itu, mobil dengan sistem penggerak roda belakang, di saat mengakut beban berat lebih mudah dikendalikan.

Kelemahan Mobil Penggerak Roda Belakang

Jika ada kelebihan tentunya ada kekurangan. Mari kita simak!

1. Sistem penggerak roda belakang, kurang mendapat traksi di saat kondisi jalan licin karena hujan atau berpasir. Hal ini disebabkan karena daya dorong mobil berada di roda belakang. Jadi mobil akan susah dikendalikan saat kecepatan tinggi di jalanan yang licin. Di mobil mewah dan mobil balap, pada mobil penggerak roda belakang. Saat ini telah dilengkapi dengan sistem kontrol traksi roda atau lebih dikenal dengan nama traction control system. Tujuannya untuk membantu pengendalian mobil saat di kemudiakan di jalanan licin pada kecepatan tinggi.

Sebaliknya pada sistem penggerak roda depan, traksi ban mobil di jalanan licin lebih bagus walaupun tanpa kontrol traksi roda. Hal ini disebabkan karena daya dorong mobil berada di roda depan. Selain itu, berat mobil lebih banyak berada di depan, karena tidak terdapatnya as pajang di bagian belakang mobil.

2. Karena penambahan As panjang pada mobil untuk mengerakkan roda belakang, maka berat mobil akan bertambah. Hal ini mengakibatkan lebih borosnya konsumsi bahan bakar. Selain itu biaya produksi dari perakitan mobil dengan sistem penggerak roda belakang lebih mahal, berakibat akan nilai jual baru dari mobil.

Kesimpulan

Pilihan mobil dengan sistem penggerak roda belakang, akan lebih cocok untuk anda jika:

  • Sering melewati jalanan dengan kondisi tidak bagus.
  • Jalur sehari-hari yang di lewati banyak tanjakan.
  • Jumlah penumpang dalam mobil sering penuh.

www.rentalmobilbali.net

Nitro Pratama Nitrogen service Indonesia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*