Mobil Penggerak Roda Depan – Cari Tahu Kelebihan & Kekurangan

Nitro Pratama Nitrogen service Indonesia

Sebagian besar dari pelanggan yang ingin membeli mobil baru, tidak terlalu memperhatikan mengenai sistem penggerak roda mobil yang akan di beli. Padahal ada tiga jenis sistem pengerak roda mobil yang saat ini ada di pasaran, yaitu, mobil penggerak roda depan (Honda Mobilio), roda belakang (Toyota Avanza Veloz) atau ke empat roda (4WD).

Dari ketiga sistem pengerak roda mobil yang saat ini tersedia, hanya sistem mobil penggerak roda depan atau belakang yang di minati konsumen Indonesia. Lalu apakah anda sedang berencana membeli mobil baru saat ini? Jika iya, apakah anda akan memilih sistem penggerak roda depan (FWD – Front Wheel Drive) atau sistem penggerak roda belakang (RWD – Rear Wheel Drive)?

Sebelum anda membeli mobil, di halaman ini saya tuliskan untuk anda tentang kelebihan dan kekurangan mobil penggerak roda depan. Namun, jika anda lebih tertarik untuk membeli mobil dengan pengerak roda belakang, mohon klik link di bawah ini!

Salah satu mobil kategori low MPV di Indonesia yang paling banyak di cari adalah Mobil Mobilio Honda. Mobil Honda Mobilio mengunakan sistem penggerak roda depan. Berbeda dengan Grand New Avanza yang mengunakan sistem penggerak roda belakang. Jika Mobilio menggunakan sistem penggerak roda depan, apa kelebihan serta kekurangan sistem mobil penggerak roda depan?

Kelebihan Sistem Mobil Penggerak Roda Depan

Ada beberapa kelebihan dari sistem mobil penggerak roda depan, dibandingkan dengan sistem penggerak roda belakang.

1. Biaya produksi pembuatan mobil penggerak roda depan lebih murah, jika dibandingkan dengan biaya produksi pembuatan mobil penggerak roda belakang (tentunya di kategori mobil yang sama). Kenapa lebih murah? Hal ini sebabkan oleh spare part pada sistem penggerak roda depan mobil, lebih sedikit. Selain itu, pemasangan drivertrain pada mobil yang menggunakan penggerak roda depan, lebih mudah.

Drivertrain adalah sebuah rangkaian komponen yang berfungsi untuk memindahkan tenaga mobil ke roda, sehingga mobil dapat bergerak. Dengan biaya produksi yang lebih sedikit, membuat mobil penggerak roda depan, harga jual barunya lebih murah dibandingkan dengan sistem penggerak roda belakang, tentunya di kategori mobil yang sama.

2. Berat mobil jadi berkurang, karena tidak adanya gigi transmisi dan poros gardan untuk menyalurkan daya ke roda belakang. Dengan mobil yang lebih ringan, akan signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar. Oleh sebab itu, mobil penggerak roda depan (FWD) lebih banyak ditemukan pada mobil city car dan low MPV keluarga.

3. Kelebihan FWD ada pada traksi mobil di jalanan licin terutama pada saat hujan. Traksi mobil penggerak roda depan lebih bagus pada jalan licin. Karena roda depan yang menarik roda belakang bukan roda belakang yang mendorong roda depan. Selain itu berat mesin mobil yang berada di depan, membantu traksi roda depan pada FWD saat hujan.

Kekurangan Sistem Penggerak Roda Depan Mobil

Sistem Penggerak Roda Depan Pada Mobil

1. Dengan sistem penggerak roda depan, berat kendaraan terdapat di bagian depan. Hal ini membuat pengendalian mobil di kecepatan tinggi saat mobil berisi penuh penumpang, lebih susah dikendalikan. Dibandingkan dengan mobil dengan sistem penggerak roda belakang.

2. Karena kemudi dan penggerak tenaga ada di roda depan, jika anda berakselerasi dengan cepat, maka mobil akan cendrung untuk bergerak kekiri atau kekanan dan ini adalah kelemahan mobil sistem penggerak roda depan. Oleh karena itu, sangat jarang mobil balap mengunakan sistem penggerak roda depan. Walapun ada beberapa mobil balap yang mengunakan FWD, tapi harus di bantu dengan sistem komputer yang namanya kontrol traksi.

3. Mobil penggerak roda depan, lebih rawan mengalami kerusakan pada area penggerak roda bagian depan, jika terjadi benturan di jalanan yang rusak. Karena kemudi dan tenaga pendorong ada di roda yang sama. Sedangkan penggerak roda belakang lebih tahan terhadap benturan di jalanan yang rusak.

Jika dilihat dari keuntungan & kekurangan mobil sistem penggerak roda depan diatas. Pemilihan sistem penggerak roda pada mobil, tergantung dari tipe anda mengemudi, kondisi jalan yang sering anda lewati dan harapan anda terhadap mobil, dan berdasarkan fungsi mobil untuk anda.

Jika anda tidak sering melewati jalanan rusak, hanya digunakan untuk dalam kota, tidak suka berakselerasi cepat, ingin bahan bakar lebih irit, serta penumpang sangat jarang penuh sampai ke kursi baris ketiga. Maka mobil dengan sistem penggerak roda depan akan sangat cocok untuk anda.

Kami sebagai salah satu penyedia jasa sewa mobil plus sopir di Bali dan juga menyediakan jasa paket liburan murah di Bali. Karena kondisi jalanan dan rute tour di Bali banyak terdapat tanjakan, kemudian kondisi jalan tidak rata di beberapa tempat wisata di Bali, dan mobil lebih sering penuh berisi penumpang. Maka sebagian besar pilihan mobil rent car yang kami sediakan adalah mobil dengan sistem penggerak roda belakang (RWD). di sadur /www.rentalmobilbali.net/mobil-penggerak-roda-depan/

Nitro Pratama Nitrogen service Indonesia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


*